Hadapi Dunia Kerja, Butuh Persiapan Matang

SAMBUTAN. Waka Humas SMK Yudya Karya Miftah Khusurur S.Ag sedang memberikan sambutan.

MAGELANG – Pengetahuan Siswa SMK Yudya Karya (YK) Kota Magelang terus ditingkatkan terkait dengan dunia kerja. Humas sekolah setempat bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Magelang memberikan pembekalan kepada mereka. Tak tanggung-tanggung pihaknya menghadirkan perusahaan ternama skala nasional, PT Mekar Armada Jaya.

“Kita sudah memasuki MEA dan AFTA. Di era persaingan dunia kerja yang ketat seperti sekarang ini, pengetahuan dunia kerja yang nyata sangat perlu diberikan kepada siswa-siswi,” kata Wakil Kepala Sekolang Bidang Kehumasan SMK Yudya Karya, Miftah Khusurur, S.Ag.

Ditandaskan guna menghadapi ers tersebut, tidak ada pilihan kecuali meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) secara optimal.

“Kini persaingan teknologi informasi juga sangat ketat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, 118 siswa kelas XII jurusan Teknik Otomotif Kendaraan Ringan dan 100 siswa kelas XII jurusan Teknik Pemesinan mendapat pembekalan selama dua hari, Selasa 5 September dan Kamis 7 September 2017.

“Butuh persiapan yang matang (tekun belajar, teori dan praktik) untuk bisa bersaing di dunia kerja. Tanpa itu tidak akan memperoleh hasil yang memuaskan,” kata Hakam Abdul Haris tim marketing dari PT Mekar Armada Jaya dalam paparannya.

Dijelaskan, bagi lulusan SMK, dunia kerja merupakan dunia yang berbeda dengan dunia di sekolah. Dimana terkadang ada perbedaan seperti yang diajarkan di sekolah.

“Hal yang perlu dipersiapkan dalam memasuki dunia kerja, yang pertama tentu saja harus menentukan perusahaan yang tepat,” tandasnya.

Divisi Human Resource Development (HRD) PT Mekar Armada Jaya, Alief menambahkan perusahan mempunyai skala masing-masing, ada yang regional, nasional, multi nasional. Semakin besar dan bonafir skala sebuah perusahaan tentu saja mempunyai tingkat kesulitan yang sangat tinggi bagi SDM untuk bisa bergabung di perusahaan.

“Dibutuhkan persiapan yang matang untuk menghadapi berbagai macam tes, seperti tes tertulis, wawancara, psikologi dan lainnya,” ujarnya. (humasYk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *